VERSUS
Halo agan'' smua, ketemu lagi nih sama ane riski, kalo kemaren ane dah bahas tentang pulsar 200ns. Kali ini ane akan mencoba untuk membandingkan motor keluaran Honda dengan motor keluaran Bajaj. Dalam tulisan ini sane mencoba untuk membandingkan tiger dan pulsar 220 tanpa berniat untuk menjatuhkan ataupun melecehkan siapapun. Saya menilai dari segi konsumen aja nih agan’’ semua.
Mari kita mulai dan  lihat dari segi harga :
Harga Honda Tiger sekarang mencapai 25,200jt untuk kapasitas mesin 200cc. Sedangkan Harga Pulsar 220cc sekarang  18,600jt masih terpaut sekitar  6,600jt. Semua harga diatas adalah harga penjualan daerah Jakarta.
Sekarang  dari segi sasis dan fitur kedua motor ini :
SPEEDOMETER
Tiger speedometer masih menggunakan analog/jarum, sedangkan pulsar 220 sudah menggunakan full digital.
LAMPU
Lampu pulsar 220 sendiri sudah mengunakan lampu proyektor yang mempunyai fokus lebih baik dan lebih terang. Penampilan Lampu Pulsar lebih fres gan. Tiger sendiri masih mengganut Lampu yang konvesional, menggunakan lampu yang bulat.
SUSPENSI
Pulsar 220 menganut suspensi depan teleskopik 130mm dan suspensi belakang menganut Nitrogen, travel 90 mm
Honda Tiger menganut suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang menggunakan Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
CAKRAM
Cakram depan pulsar menggunakan ukuran  260mm dan Cakram belakang menggunakan ukuran 230mm
Tiger sendiri menggunakan Cakram Hidrolik dengan piston ganda dan pengereman belakang menggunakan cakram.
Sekarang kita masuk Sesi inti, Pembedahan Dapur Pacu
Untuk Pulsar 220 seperti ini
| 
MESIN | |
| 
Tipe 
Diameter x langkah 
Kapasitas 
katup per silinder 
Pasokan bahan bakar 
Perbandingan kompresi 
Tenaga maks 
Torsi maks | 
1 silinder, 4-langkah, oil cooler 
67 x 62,4 mm 
220 cc 
2 
Karburator, UCAL UCD32 
9,5 : 1 
21,4 PS @8.500 rpm 
19,12 Nm @7.000 rpm | 
| 
Transmisi | |
| 
Kopling 
Jumlah percepatan gigi 
Pola perpindahan gigi 
Perbandingan gigi primer 
Perbandingn gigi akhir | 
Basah, pelat majemuk 
5 
1 naik, 2, 3, 4 dan 5 turun 
3,47 (66/19) 
2,571 (36/14) | 
Untuk Honda Tiger seperti ini
Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah : 196,9 cc
Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi : 6 kecepatan
Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi : 6 kecepatan
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Semoga bermanfaan bagi agan'' semua
thx,,
ketemu lagi besok''
hehehehehe
 
 
 
 
 
 
 
 
 

















Tidak ada komentar:
Posting Komentar